Baju kurung adalah busana khas etnis Melayu. Baju sambungan ini normalnya dipadukan dengan selendang untuk perempuan serta kain buat kaum laki-laki. Seiring perkembangan zaman, baju kurung pun banyaknya dimodifikasi, biarpun lestari enggak menghilangkan aksesoris aslinya. Penyanyi tenar asal negara jiran, Malaysia, Siti Nurhaliza, selalu saja mendayagunakan baju kurung yang dipadupadankan dengan gesekan modern. Siti tampil ayu dan gak kehilangan adat melayunya dengan memanfaatkan baju kurung modern terkini tersebut.

Sebenarnya, semenjak asal mula mula baju kurung itu dibentuk bagi laki-laki dan juga gadis. Namun, didalam amanat umum, tatkala menyebutkan "baju kurung", maka akan mengambil dalam blus laki-laki khas etnis Melayu. Padahal, sebentuk didefinisikan pada salah eka buku edisi dini hari Baki, baju Melayu ini terdiri dari Baju Kurung Cekak Musang untuk gadis maupun Baju Kurung Cekak Musang bagi kaum laki-laki.



Selain Cekak Musang, pada khasanah blus budi Melayu ini dikenal pula versi baju kurung lainnya, semacam Baju Kurung Teluk Belanga, Baju Kurung Riah Pahang, Baju Kurung Kedah, ataupun Baju Kurung Modern. spesial untuk Baju Kurung Teluk Belanga, di daerah Pasundan dikenal pula tipe blus Teluk belanga yang menuruti dalam salah satu assecories pakaian berbentuk kampret. Namun, periode kali ini orang kian menyelami kampret saja ketimbang Baju Teluk Belanga.

Menurut beberapa pengantar yang dapat ditelusuri, Baju Kurung Cekak Musang telah dikenal saat 1930-an. Baju Kurung Cekak Musang sebelumnya bermacam baju kurung yang panjangnya bahkan kedalam lutut, punya saku di kiri ataupun kanan, dibelah di bawah leher hingga pertengahan dada, nimbul sederet karakteristik di adegan kirinya. Baju Kurung Cekak Musang umum dipadankan dengan kain sarung aksesoris gelombang Mengalun.

Seperti sudah disinggung di atas, baju kurung ini sering dijelaskan sama dengan gaun eksklusif laki-laki saja. Padahal, perempuan pun sederajat telah galib memakai baju kurung itu. sebentuk dijelaskan didalam buku ”Pendidikan Seni tampak SPM” cetakan dini hari Bakti Sdn Bhd, yang termasuk ke pada blus ortodoks perempuan etnis Melayu itu antara lainnya Baju Kurung Teluk Belangan, Baju Belah, Baju Kurung Cekak Musang, Baju Kedah, Baju Kebaya Labuh, Baju Kebaya Pendek, ataupun Baju Pahang. Sementara, untuk kaum laki-laki dikenal pakaian Baju Kurung Melayu Teluk kuali serta Baju Kurung Cekak Musang.

Baju Koko yang terus-menerus yang dipakai Ustadz Jeffri al-Bughori kemungkinan termasuk varian yang diilhami Baju Kurung Melayu Cekak Musang. nimbul dua pertimbangan kenapa baju kurung juga dikenal bagus di negara kite-kite. gres sebab saksi serumpun yang memiliki hukum adat yang nyaris sama, dan kedua ialah risiko elemen mayoritas beragama Islam, sehingga kepastian tekstur busana itu berasa makin adem dan enteng diterima.

0 comments