Jenis Jenis Batik

masyarakat mengetahui batik sebagai kain yang bergambar atau bercorak unik untuk lantas jadikan pakaian. kian lebih itu, batik adalah kreasi seni kuno yang bernilai tinggi, yang mana tehnik mebuat batik sudah ditemukan di mesir pada abad ke-4 sm sebagai kain pembungkus mumi yang dilapisi malam ( lilin cair ) yang membentuk pola.

di indonesia, batik sudah diperkenalkan pada masa kerajaan majapahit di awal abad 19 di tanah jawa. oleh karena itu batik jawa lebih dikenal oleh masyarakat indonesia dikarenakan keahlian membatik dikuasai oleh masyarakat jawa dengan turun-temurun. batik jawa banyak berkembang di tempat solo yang lantas diikuti di sebagian dariah lain di jawa layaknya yogyakarta, semarang, pekalongan, madura sampai luar pulau jawa.

sedari awal, motif-motif batik senantiasa berlainan, perihal tersebut diilhami oleh beberapa leluhur yang berpedoman agama animism, dinamisme, hindu serta budha yang mempunyai arti tersendiri. cara pembuatannyapun menggunakan tangan dengan pertolongan alat bernama canting, batik ini yang dimaksud dengan batik catat.


saat ini batik sudah berkembang, sistem pembuatannyapun berlainan sebagai basic type batik. batik cap adalah kain yang digambar dangan motif serta corak batik yang menggunakan cap atau stempel yang terbuat dari tembaga. sistem pembuatan batik cap amat cepat cuma membutuhkan waktu 2 sampai 3 hari, tambah lebih cepat dibanding dengan batik catat yang membutuhkan waktu 2 sampai 3 bln..

ada lagi type batik menurut cara pembuatannya yakni batik printing. ini yaitu tehnik pembuatan batik yang teranyar. tetapi menurut saya batik printing bukan hanya batik yang sesungguhnya, tetapi cuma tekstil yang bermotif batik. pembuatan batik printing lewat cara mencetak motif batik di atas kain yang lantas dilanjukan dengan pewarnaan layaknya sistem sablon. dikarenakan demikianlah, batik printing juga dimaksud batik sablon.

ada perihal mutlak yang membedakan pada batik catat, batik cap serta batik printing. batik catat bisa dipastikan tak ada perulangan bentuk serta ukuran motif yang sama persis dikarenakan pelaksanaan menggambar menggunakan tangan, warna yang dihasilkan tembus di segi yang lain sampai bila dibolak-balik warnanya terus sama. batik catat juga memliki aroma yang khas, sukar untuk mengungkapkannya.

batik cap mempunyai motif yang simetris serta teratur, warna yang dihasilkan juga tembus tetapi sedikit buram. namun batik printing motifnya lebih rapi serta tidak tembus dikarenakan sistem pewarnaanya cuma sekali di satu segi kain. untuk orang awam perihal tersebut yaitu cara identifikasi awal termudah yang bisa dikerjakan untuk membedakannya.

batik catat diproduksi amat terbatas, ditangani pada selembar kain dengan ukuran ± , 2 mtr. kali 2 mtr. saja, orang-orang mengenalnya dengan sebutan “jarik”. batik printing diproduksi dengan jumlah banyak dikarenakan menggunakan mesin moderen, hingga lebih serupa produksi tekstil. namun batik cap juga bisa diproduksi dengan jumlah banyak, tetapi tidak sejumlah batik printing. pengerjaannya pada kain dengan ukuran yang sama juga dengan batik catat.

pada tanggal 2 oktober 2009, batik indonesia telah diresmikan oleh unesco sebagai warisan seni serta budaya asli indonesia. nah, untuk menghormati budaya warisan beberapa leluhur ini, yuk keduanya sama gunakan baju batik kemanapun kita pergi. setuju ?

0 comments